Minggu, 30 Mei 2010

Masalah dan Kebijakan Makroekonomi

Masalah Utama dalam Perekonomian
1. Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi dapat didefenisikan sebagai perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksikan dalam masyarakat bertambah. Masalah pertumbuhan ekonomi dapat dipandang sebagai masalah makroekonomi dalam jangka panjang.

2. Ketidakstabilan Kegiatan Ekonomi
Perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya, ia selalu mengalami masa naik dan turun.

3. Pengangguran
Pengangguran adalah suatu keadaan dimana seseorang yang tergolong dalam angkatan kerja ingin mendapatkan pekerjaan tetapi belum dapat memperolehnya.

4. Inflasi
Inflasi adalah suatu proses kenaikan harga-harga yang berlaku dalam suatu perekonomian. Faktor-faktor penyebab inflasi adalah (i) Tingkat pengeluaran agregat yang melebihi kemampuan perusahaan-perusahaan untuk menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa, (ii) Pekerja-pekerja di berbagai kegiatan ekonomi menuntut kenaikan upah.

5. Neraca Perdagangan dan Neraca Pembayaran
Neraca perdagangan adalah kegiatan yang menggambarkan nilai ekspor dan impor barang serta perbedaannya dalam satu tahun tertentu dan Neraca pembayaran adalah informasi atau catatan ringkas yang menunjukkan aliran kas keluar dan masuk keuangan diantara satu negara dengan negara-negara lain.

Bentuk Bentuk Kebijakan Makroekonomi
1. Kebijakan Fiskal
2. Kebijakan Moneter
3. Kebijakan Segi Penawaran

1. Kebijakan Fiskal adalah langkah-langkah pemerintah membuat perubahan dalam bidang perpajakan dan pengeluaran pemerintah dengan maksud untuk mempengaruhi pengeluaran agregat dalam perekonomian.

2. Kebijakan Moneter adalah langkah-langkah pemerintah yang dilaksanakan oleh Bank Sentral untuk mempengaruhi (mengubah) penawaran uang dalam perekonomian atau mengubah suku bunga, dengan maksud mempengaruhi pengeluaran agregat.

3. Kebijakan Seni Penawaran adalah bertujuan untuk mempertinggi efisiensi kegiatan perusahaan-perusahaan sehingga dapat menawarkan barang-barangnya dengan harga yang lebih murah atau dengan mutu yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar