Jumat, 10 Agustus 2012

CIRI CIRI KHUSUS BEBERAPA HEWAN





CIRI KHUSUS PADA BEBERAPA HEWAN

Ciri Khusus Pada Beberapa Hewan



Ciri khusus Tokek dan Cicak



Cicak dan Tokek merayap di dinding dan langit langit rumah. Ternyata, cecak memiliki perekat pada setiap ujung jari kakinya. Dengan perekat inilah kaki cecak dapat menempel di dinding. Bagaimana bila kakinya tidak bisa diangkat dari dinding karena perekat tersebut? Hal ini tidak akan terjadi. Cecak dapat mengatur banyaknya perekat yang dikeluarkan. Dengan demikian, cecak dapat tetap bergerak merayap tanpa terjatuh. Cecak dapat mendaki pohon, dinding, atau atap bangunan dengan mudah. Selain itu, cecak mempunyai kemampuan autotomi. Cecak dapat memutuskan ekornya secara tiba-tiba. Cecak melakukan autotomi saat ditangkap mangsa. Dengan begitu, cecak dapat melarikan diri. Ekor cecak yang putus dapat tumbuh kembali. Cicak dan tokek berkembangbiak dengan cara bertelur. Ada hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan dan ada juga yang berkembang biak secara vegetatif.


Ciri khusus Kelelawar



Kelelawar keluar mencari makan paada malam hari. Sebaliknya, pada siang hari, kelelawar hanya berdiam di sarangnya. Oleh karena itu, kelelawar dijuluki hewan malam ( NOCTURNAL ). Dalam keadaaan gelap, kelelawar tidak pernah menabarak benda yang dilaluinya. Kelelawar juga tidak kesulitan menemukan makanan. Hal ini dikarenakan kelelawar memiliki keistimewaan. Kelelawar memiliki indra pembau dan pendengar yang tajam. Dengan penggabungan keduanya, kelelawar dapat menemukan makanan. Kelelawar dapat menentukan arah terbang dan menghindari tabrakan. Pada saat terbang kelelawar mengeluarkan bunyi yang memiliki frekuensi sangat tinggi yang disebut ultrasonik. Bunyi ultrasonik akan mengenai mangsa atau benda disekitarnya, bunyi akan dpantulkan kembali oleh benda tersebut. Kelelawar dapat mengenali benda disekitarnya, inilah yang membuat kelelawar dapat membedakan antara mangsa dan bukan mangsa. Kemampuan yang dimiliki kelelawar tersebut dinamakan ekolokasi.


Ciri khusus Bunglon



Bunglon dapat mengubah warna kulit tubuhnya menyamai sekelilingnya sehingga sukar dikenali. Kemampuan bunglon mengubah warna kulit sesuai dengan tempatnya berada disebut mimikri. Selain itu, tiap matanya dapat melihat pada arah yang berbeda. Jika salah satu matanya melihat seekor serangga, dengan menggunakan matanya yang tajam, bunglon dapat memperkirakan ukuran jarak dengan mangsanya. Jika mangsa memungkinkan untuk dicapainya, bunglon melontarkan lidahnya yang lengket. Lidah yang panjangnya hampir sepanjang tubuhnya itu untuk menangkap mangsanya, kemudian menarik serangga kedalam mulutnya. Hewan yang memiliki ciri lidah panjang dan lengket lainnya adalah landak semut.


Ciri khusus yang dimiliki Bebek



Bebek merupakan jenis unggas yang hidup di air, terutama di perairan yang dangkal. Oleh karena itu, kaki bebek pendek dan pada sela-sela kakinya dilengkapi dengan selaput kulit yang membantunya ketika berenang di air. Selain itu, dengan bentuk seperti ini, memudahkan bebek berjalan diatas permukaan tanah berlumpur. Makanan bebek ialah cacing. Bagaimana bebek dapat menangkap cacing dari balik lumpur? Ternyata, bebek telah dilengkapi dengan bentuk paruh pipih dan lebar. Bentuk paruh seperti ini membantu bebek untuk mencari cacing yang ada di balik lumpur. Hewan yang memiliki ciri kaki berselaput adalah katak dan angsa.


Ciri khsusus pada burung Bangau



Bentuk paruh burung beraneka ragam sesuai dengan jenis makanannya. Burung elang memiliki paruh tajam dan bengkok. Paruhnya yang kuat berfungsi untuk mencabik mangsanya. Burung pipit memiliki paruh yang runcing, pendek, dan kuat. Paruhnya yang pendek dan kuat merupakan bentuk penyesuaian terhadap jenis makanannya. Burung pipit adalah pemakan biji-bijian. Burung pelikan memiliki kantung besar di paruhnya. Kantung ini berguna untuk menciduk ikan dan air. Burung flaminggo memiliki bentuk paruh yang lebar dan berjumbai. Paruh burung flaminggo dapat menyaring udang dan b inatang kecil dari air berlumpur. Selain ciri khusus tersebut burung hantu memiliki ciri khusus yang lain yaitu mata dan pendengaran yang tajam, yang berguna un tuk mencari makanan di malam hari.


Ciri khusus ular



Ular adalah hewan karnivora atau pemakan daging, dan tidak pernah mengunyah atau mencabik-cabik makanannya seperti kita. Mangsa yang didapat langsung ditelan secara utuh. Karena susunan rahangnya melekat secara longgar dengan susunan tulang pada rangka kepala. Susunan rahang yang seperti ini memungkinkan ular menelan mangsa yang lebih besar dari dirinya sendiri. Selain tiu ular juga memiliki cairan pencerna yang mampu menghancurkan makanan. Pada beberapa jenis ular, ada yang membelit mangsanya dengan kuat sehingga mangsanya kehabisan nafas, dan dengan mudah sang ular dapat memakannya. Ular juga memiliki bisa yang dapat membunuh musuh-musuhnya. Kulit ular dimanfaatkan untuk membuat tas, dompet dan barang lainnya. Untuk mencegah kepunahan hewan ular perlu dilindungi.


Ciri khsusus Kucing



Kucing memiliki dua ciri khusus. Pertama adalah kakinya. Kaki kucing memiliki lapisan empuk dan tebal yang berguna untuk menyembunyikan kukunya. Pada saat berjalan kukunya ditarik masuk sehingga tidak bersuara, sehingga musuh tidak mendengar ketika didekatinya. Ciri kedua adalah matanya. Mata kucing sangat tajam sehingga bisa melihat dalam gelap. Selain itu kucing juga memiliki keseimbangan tubuh yang sangat baik, ketika terjatuh maka kucing bisa mengatur tubuhnya supaya tetap berdiri.


Ciri khusus Katak



Bagi katak, melakukan kamuflase (penyamaran) agar seolah tubuhnya beracun adalah trik untuk menghindar dari predator atau pemangsa. Katak pun memiliki persamaan dengan cicak, yaitu lidahnya yang panjang dan lengket, sehingga serangga yang mendekat dapat dengan cepat disambar dan tidak dapat berkutik lagi.


Ciri Ikan Lele dan Serewot




  • Hidup di air tawar

  • Tidak mengandalkan mata untuk mencari makanan yang tersembunyi di dasar sungai yang berlumpur dan gelap.

  • Mengandalkan kumis (misai) yang merupakan norgan indra khusus.

  • Misai berbentuk embelan panjang pada bibir bawah dan bibir atas ikan.

  • Misai memiliki kuncup pengecap.

  • Ketika berenang di air, ikan lele dan serewot dasar sungai dengan misainya untuk mengenali rasa binatang di dekatnya.


Ciri khusus Laba-Laba




  • Kebanyakan memiliki penglihatan yang buruk

  • Membuat jaring untuk menangkap mangsa

  • Jaring terbuat dari bahan yang berasal dari organ khusus dalam abdomen (perut) yang disebut alat antih.

  • Mengandalkan indra peraba pada kakinya untuk memeriksa apakh terdapat mangsa dalam jaringnya.


Ciri khusus Jerapah




  • Memiliki leher panjang yang sehingga memungkinkan untuk memakan tunas dan daun muda.

  • Dapat minum dengan menundukkan kepalanya.

  • Memiliki katup kecil pada bagian pembuluh darah di kepalanya sehingga saat ketinggian kepala jerapah berubah, katup tersebut dapat mencegah tekanan darah yang tinggi naik ke kepala.


Ciri khusus Tupai




  • Memakan buah berkulit keras seperti buah kenari, chesnut, hazelnut, dan buah cemara.

  • Memiliki ekor panjang berumbai dan hampir sama panjang dengan badannya.

  • Ekor berfungsi sebagai alat keseimbangan dan kemudi, sehingga memudahkan tupai melompat dari satu pohon ke pohon lain.

  • Dapat melompat dari ujung dahan ke dahan lain sejauh 4 meter.

  • Pada saat melompat kai depan dan belakang direnggangkan dan melayang serta ekor dipipihkan.

  • Dapat jatuh bebas dari ketinggian 9 meter dan mendarat mulus diatas keempat kakinya.

  • Memiliki mata yang jeli untuk memperkirakan jarak yang tepat.


Ciri khusus Paus




  • Tulang paus berupa bahan berongga berisi minyak sehingga dapat mengapung di permukaan air

  • Memiliki lapisan lemak yang tebalnya sekitar 50 cm yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap 34&degC-37&degC.

  • Mata paus ditutupi lapisan berminyak untuk melindungi dari berbagai efek yang membahayakan dari air laut.

  • Paus tergolong binatang menyusui. Susu paus bukan berbentuk cair tetapi padatan yang sangat berlemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar