Rubik's Cube BLD Methode

Pegang rubik dalam keadaan solve, warna biru di depan dan warna kuning diatas, kemudian acak rubik dengan algoritma berikut ini :
F2 U2 R’ L’ D’ B2 F’ R L’ B’ U’ D L2 R2 B F U’ R’ L’ D2 B U F’ U2 L U
Jika mengacaknya dengan benar, seharusnya kondisi rubik akan tampak seperti pada gambar.



ANALISIS
1. Di buffer (UR), terdapat warna biru-putih (FD), target pertama adalah tembak ke FD.
l’- Permutasi J2 –l



2. Di buffer (UR), terdapat warna merah-biru (RF), lalu tembak ke RF.
d’ L’ - Permutasi T – L d


3. Di buffer (UR), terdapat warna biru-kuning (FU), lalu tembak ke FU.
l’ - Permutasi J1 – l





4. Di buffer (UR), terdapat warna hijau-merah (BR), lalu tembak ke BR.
d2 L’ - Permutasi T – L d2



5. Di buffer (UR), terdapat warna orange-hijau (LB), lalu tembak ke LB.
d L’ - Permutasi T – L d’



6. Di buffer (UR), terdapat warna hijau-kuning (BU), lalu tembak ke BU.
l - Permutasi J2 – l’



7. Di buffer (UR), terdapat warna orange-putih (LD), lalu tembak ke LD.
D’ l - Permutasi J1 – l’ D


8. Di buffer (UR), terdapat warna merah-kuning (RU), posisi ini sudah tepat hanya saja posisinya terbalik, untuk itu kita simpan dulu buffer-nya ke posisi (LU), dengan melakukan algoritma
Permutasi - T


9. Di buffer (UR), terdapat warna merah-putih (RD), lalu tembak ke RD
d’ l’ – Permutasi J2 – l d



10. Di buffer (UR), terdapat warna orange-biru (LF), lalu tembak ke LF
F – Permutasi J2 – F’



11. Di buffer (UR), terdapat warna orange-kuning (LU), lalu tembak ke LU
l F – Permutasi J2 – F’ l



12. EDGE selesai



Setelah edge-nya selesai, maka sekarang kita akan menyelesaikan corner.
Kita akan melakukan breaking into new cycle, dengan melakukan algoritma berikut :
R’ - ALGORITMA CORNER – R




1. Di buffer corner (LBU) terdapat warna merah-hijau-putih (RBD), lalu tembak ke RBD
d2 F’ – Algoritma Corner – F d2



2. Di buffer corner (LBU) terdapat warna biru-merah-putih (FRD), lalu tembak ke FRD
R’ d’ – Algoritma Corner – d R




3. Di buffer corner (LBU) terdapat warna hijau-merah-kuning (BRU), lalu tembak ke BRU
R d’ – Algoritma Corner – d R’





4. Di buffer corner (LBU) terdapat warna kuning-merah-biru (URF), lalu tembak ke URF
R2 d’ – Algoritma Corner – d R2





5. Di buffer corner (LBU) terdapat warna hijau-kuning-orange (BUL), maka kita simpan dulu BUL ke posisi LFD dengan algoritma berikut
D – Algoritma Corner – D’



6. Di buffer corner (LBU) terdapat warna orange-biru-putih (LFD), lalu tembak ke LFD
F’ – Algoritma Corner – F


7. Di buffer corner (LBU) terdapat warna kuning-orange-hijau (ULB), simpan ULB ke UFL
Dengan algoritma berikut : F2 – Algoritma Corner – F2



8. Di buffer corner (LBU) terdapat warna orange-putih-hijau (LDB), lalu tembak ke LDB
d’ R – Algoritma Corner – R’ d



9. Di buffer corner (LBU) terdapat warna biru-orange-kuning (FLU), lalu tembak ke FLU
F R’ – Algoritma Corner – R F’



RUBIK’S SELESAI

BLINDFOLD METHODE BY PANJAITAN PINTUBATU